Media Dakwah, Cahaya Islam

Kamis, 21 April 2016

Inilah 8 Manusia Terbaik Menurut Rasulullah SAW

Cahaya Tausiah - Setiap orang memiliki pendapat masing-masing mengenai siapakah orang yang sukses dan terbaik, karena dalam berbagai bidang setiap orang mempunyai kelebihan sendiri-sendiri. Apabila kita lihat dalam bidang bisnis maka orang yang sukses adalah orang yang terkaya. Sedangkan untuk bidang pendidikan, orang yang sukses bisa dilihat dari tingkat pendidikannya. Hal inilah yang membuat setiap orang memiliki perspektif yang berbeda dalam melihat orang sukses. Bisa jadi orang yang sukses dilihat dari keadaan internalnya atau eksternalnya.

http://1.bp.blogspot.com/-53ZPRx4OyRs/UihVsMRohQI/AAAAAAAABC8/5o5VYyhblu4/s1600/599693_550549261634789_1296294417_n.jpg

Rasulullah adalah manusia yang paling mulia karena setiap perilaku dan sikapnya sesuai dengan ajaran Allah. Namun, mulianya Nabi tak menghalangi beliau untuk memiliki orang lain yang dianggapnya mulia.

Dalam penilaian ini haruslah kita berpikir atau menilai dengan objektif. Oleh karena itu, terdapat indikator yang harus dipenuhi oleh orang yang sukses agar penilaian bisa secara objektif. Berikut ini adalah 8 indikator yang menjadi syarat seseorang dikatakan sebagai manusia paling baik menurut Rasulullah SAW.

1. Tidak ingkar dalam melunasi hutang
Apabila kita memiliki hutang pada orang lain maupun Allah, maka kita berkewajiban untuk membayarnya. Itu adalah kewajiban orang yang berhutang. Dalam sebuah hadits dijelaskan jika orang yang terbaik adalah orang yang membayar hutang.

2. Belajar Al-Qur’an dan mengajarkannya

Terdapat banyak ajaran baik perintah atau larangan yang ada di dalam Islam. Oleh karena itu, menuntut ilmu adalah kewajiban bagi umat manusia agar mengetahui mana yang salah dan mana yang benar. Selain itu, dengan ilmu maka kita tidak akan mudah terjerumus pada keburukan dan maksiat. Terlebih jika kita tidak hanya menuntut ilmu tapi juga mengajarkannya pada orang lain maka kita akan jadi manusia terbaik di dunia.

3. Kebaikannya agar terhindar dari keburukan
Sebuah hadits berisi jika orang yang paling baik yaitu orang yang diharapkan kebaikannya.

4. Menjadi suami terbaik untuk keluarga

Seperti yang kita tahu jika Rasulullah adalah seorang suami yang memiliki istri lebih dari satu. Meskipun demikian, beliau mampu berlaku adil dan melakukan kewajiban sebagaimana mestinya. Jadi, orang yang terbaik adalah seorang suami yang baik pada keluarganya. Inilah orang terbaik menurut Rasulullah.

5. Memiliki akhlaq baik dan berilmu

Allah tidak pernah membeda-bedakan setiap umatnya dari kedudukan ataupun kekayaannya karena semua itu adalah pemberian dari Allah. Dia melihat seorang hamba dari seberapa baik akhlaqnya. Orang yang paling baik adalah orang yang berilmu dan memiliki akhlaq baik.

6. Yang memberikan makanan

Makanan adalah kebutuhan pokok yang harus terpenuhi bagi setiap makhluk hidup, terutama manusia. Namun, tak semua orang beruntung memiliki makanan. Terdapat beberapa orang yang tidak memiliki uang untuk membeli makanan sehingga mereka harus berpuasa hingga berhari-hari. Apabila kita memiliki uang atau makanan yang lebih sebaiknya memberikan makanan kepada orang tersebut karena ini adalah orang yang terbaik.

7. Yang baik perbuatannya dan panjang usianya

Setiap orang memiliki usia meninggalnya masing-masing. Apabila seseorang hidup lama dan ia melakukan banyak perbuatan dosa maka sesungguhnya ia telah merugi. Sedangkan, jika Allah memberinya umur panjang dan ia berbuat baik maka ia termasuk orang paling baik.

8. Memberikan manfaat bagi sekitar

Kriteria ini jelas harus ada pada orang terbaik. Apa gunanya jika kita memiliki ilmu banyak, kemampuan tinggi dan prestasi yang hebat tapi tidak bisa memberikan manfaat untuk orang-orang sekitar. Sesungguhnya orang yang dapat bermanfaat adalah orang yang terbaik. (sumber: kumpulanmisteri.com)

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Inilah 8 Manusia Terbaik Menurut Rasulullah SAW

0 komentar:

Posting Komentar